Identity Crisis: A Phial of Fantasia Problem

FFXIV Character

Sejak pertama kali bermain Final Fantasy XIV Online, saya sudah berkali-kali membuat dan menghapus karakter baru. Kustomisasi karakter yang lumayan lengkap di game ini membuatnya lebih mudah bagi saya untuk membuat penampilan karakter sesuai dengan personal saya atau karakter sesuai impian saya. Kadang saya membuat suatu karakter yang sesuai dengan personal saya, di lain waktu saya membuat karakter baru dengan penampilan karakter sesuai impian tentang karakter ideal. Masalahnya, saya tidak cukup konsisten dalam mendefinisikan seperti apa personal saya atau seperti apa karakter ideal impian saya.

Karakter pertama yang saya buat adalah ras hyur, ras yang paling mendekati wujud manusia. Saya mempersonalisasi karakter ini semirip mungkin dengan penampilan saya, termasuk gaya rambut, warna rambut, warna kulit, warna mata, bentuk wajah, bentuk hidung, tinggi badan, dan segala kustomisasi yang memungkinkan supaya semirip mungkin dengan personal saya.

Selang beberapa saat saya merasa tidak puas. Saya mencoba mengutak-atik penampilan karakter. Kali ini preferensi saya adalah penampilan karakter ideal. Karakter yang saya buat tentu saja female hyur, saya buat penampilannya seideal mungkin. Bahkan saya menghabiskan puluhan juta Gil hanya untuk galamour. Saya mencoba berbagai penampilan dengan mengubah baju, celana, sepatu, serta mencoba berbagai warna.

Lain waktu saya mengubah karakter dalam game dengan harapan karakter yang saya buat sesuai dengan personality saya. Masalahnya, semakin dalam saya melakukan penyesuaian justeru rasanya semakin jauh dari personality saya. Semakin jauh melakukan personalisasi karakter, semakin saya tersesat.

Saya memiliki kecenderungan tipe INTP (very good match), ISTP (very good match), dan ESTP (good match) berdasarkan kategorisasi Myer-Briggs Type Indicator. Singkatnya saya the architect sekaligus craftperson. Semakin mendalam saya melakukan penyesuaian karakter rasanya semakin tidak cocok makna filosofis dan penampilan fisiknya. Karakter yang saya buat menjadi tidak jelas. Kadang saya menyukai penampilan fisik yang saya buat tetapi tidak suka di suatu bagian lain atau sebaliknya.

Krisis identitas di dalam game seperti ini sungguh merepotkan, pasalnya setiap kali melakukan penyesuaian karakter di dalam game ini mandatory memerlukan Phial of Fantasia, ramuan supaya dapat mengubah karakter from-the-scratch. Masalahnya ramuan ini tidak dapat diperoleh melalui aktifitas di dalam game tetapi benar-benar membutuhkan real money, mata uang nyata. Bagi yang krisis identitas tentu saja ini problem mendasar bagi gamer kalau sudah menyangkut real money.

Rasanya krisis identitas di dalam game seperti ini cukup merefleksikan krisis identitas saya dalam kehidupan nyata.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.